Rabu, 31 Agustus 2011

Port SATA Express akan mendukung transfer data dengan kecepatan 16Gb/s . Sangat cepat !!!






Organisasi Serial ATA (SATA-IO) telah mengumumkan pengembangan standar baru untuk software SATA dengan PCI Express.

Gabungan tersebut dinamakan SATA Express. Jalur PCIe slot nantinya akan kompatibel dengan aplikasi SATA. Pengembangannya berawal dari penemuan solusi yang ada sekarang. Pilihannya hanya dengan meningkatkan kecepatan SATA atau menemukan cara lain yang lebih hemat dan cepat.

Kecepatan interface untuk 8Gb/s dan 16Gb/s mengunakan 1 (satu) lane melalui PCIe 2.0, atau 2 untuk PCIe 3.0. Beberapa perangkat high end mungkin membutuhkan konfigurasi tersendiri dan dapat dipisah dengan perangkat 6Gb/s agar tidak menganggu kinerja perangkat.

Perangkat SATA Express dapat mengenal host SATA hardware lama. Karena penguna computer tentu tidak mau membeli atau mengupgrade tanpa adanya nilai tambah dari sebuah perangkat computer. SATA Express akan diselesaikan akhir tahun ini, tetapi belum termasuk perangkat untuk SATA uSSD.

uSSD dirancang untuk peralatan mobile dan embeded system. Kontroller chip uSATA akan langsung terhubung ke system host utama melalui ball grid array. Membuat konektor yang terpisah dibuang dan disatukan ke PCB. uSATA lebih cocok untuk perangkat permanen yang tidak perlu dibongkar pasang seperti peralatan mobile.

Seperti apa perangkat SATA Express, dibawah ini. Port SATA Express akan diberikan satu tonjolan ditengah bahwa port tersebut hanya untuk perangkat SATA Express. Seperti apa bentuk dan kecepatan, kita tunggu saja setelah perangkat ini bisa muncul di pasar.




                                                sumber  www.obengware.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar