Rabu, 29 Juni 2011

Sparkle GTX 550 Ti : “Si Biru” dengan Teknologi Vapor






Segmen pasar mainstream merupakan segmen pasar yang banyak diminati para user, terutama dalam hal pemilihan graphics card untuk melengkapi mesin bermain game yang dimiliki. Graphics card mainstream ini umumnya menawarkan harga yang relatif terjangkau dan kinerja yang tidak mengecewakan. Salah satunya varian graphics card mainstream dari NVIDIA yaitu GTX 550 Ti yang dihargai di bawah US$149.

NVIDIA GTX 550 Ti merupakan generasi penerus dari GF 106 atau biasa dikenal dengan GTS 450. Dengan beberapa perbaikan dan peningkatan kinerja (performance/watt), apakah graphics card ini layak menjadi pilihan di segmen mainstream? Kali ini, tim Jagat Review akan menguji salah satu graphics card dengan chip GTX 550 Ti (GF116) dari produsen Sparkle.

Spesifikasi




Sparkle GeForce GTX 550 Ti datang dengan warna biru keungunan yang menjadikannya tampak “fresh” dan cukup menarik. Graphics card ini juga sudah menggunakan HSF yang mengadopsi teknologi Vapor Chamber, yang belakangan ini cukup banyak digunakan graphics card kelas atas karena kemampuan dan efisiensinya yang sangat baik dalam mendinginkan GPU.

Untuk spesifikasi yang digunakan, tampaknya graphics card ini masih mempercayakan clock dan memory yang sama sesuai dengan standar reference NVIDIA GTX 550 Ti yaitu 900/4100 MHz. Dari pengalaman yang telah kami dapat, karakteristik graphics ini umumnya memiliki kemampuan untuk mencapai clock tinggi (1 GHz). Bahkan, beberapa produsen sudah mempercayakan clock setinggi 1 GHz ini sebagai standar produknya. Lalu, bagaimanakah dengan kemampuan graphics ini? Simak pengujian kami selanjutnya.

NVIDIA GTX 550 Ti Feature

Microsoft DirectX 11
NVIDIA 3DVision
NVIDIA 3DVision Surround
NVIDIA SLI
NVIDIA PhysX
NVIDIA CUDA
NVIDIA PureVideo HD
32x Anti Aliasing
PCI Express 2.0 x16
Dual-link DVI-I
mini-HDMI


Paket penjualan yang disertakan bersama graphics card ini terdiri dari:

Quick Start Guide
Driver Disc
Molex to 6-pin power converter
mini-HDMI to Full-size HDMI converter
DVI to D-Sub display converter


Berdasarkan test oleh tim jagatreview.com, Graphics card GTX 550 Ti dari Sparkle ini mampu menunjukkan kinerja standar NVIDIA GTX 550 Ti. Berbagai pengujian game yang kami lakukan dapat dilewati tanpa masalah. Di tingkat resolusi 1920×1080 dan detail tinggi, graphics card mainstream ini masih bisa cukup diandalkan, walaupun di beberapa game DX 11 yang cukup berat kami harus menyesuaikan setting yang tepat agar frame rate dapat terlihat dengan nyaman.

Sparkle tidak menyebutkan bahwa graphics card ini sudah mengadopsi teknologi HSF Vapor Chamber sebagai salah satu featurenya. Faktanya, feature ini menjadi salah satu nilai tambahnya. Suhu pengujian yang kami catat tidak melewati 56 derajat celcius di keadaan full load. Dengan suhu yang masih tergolong dingin ini, kami rasa masih terdapat ruang untuk mendongkrak performa dari graphics card ini karena spesifikasi standar yang sudah terbenam di graphics card GTX 550 Ti umumnya masih bisa sedikit di tweak lebih jauh lagi. Saat kami mencoba clock hingga 950 MHz, kestabilan graphics card ini masih sangat solid.

Secara keseluruhan, produk dari Sparkle ini cukup baik. Bagi para user mainstream, graphics card ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan kisaran harga 1,3 juta rupiah, Anda sudah dapat membawa pulang graphics card menarik ini.




sumber www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar