Rabu, 29 Juni 2011

Mengenal virus Stuxnet : Jenis Senjata Baru yang Mematikan


Pada bulan Juni 2010, dunia TI diperkenalkan dengan sebuah virus komputer bernama Stuxnet. Salah kemampuan virus ini adalah dapat memanipulasi tekanan reaktor nuklir tanpa memunculkan perubahan di indikatornya. Virus ini pun ditemukan di Natanz, sebuah fasilitas nuklir di Iran. Berdasarkan penelitian dari Institute for Science and International Security (ISIS), Stuxnet telah berhasil mematikan hingga 1000 mesin di dalam fasilitas nuklir tersebut. International Atomic Energy Agency mengumumkan adanya penghentian aktivitas di dalam Natanz, tanpa penjelasan yang mendetail.


Menyusul serangan di Natanz, pada bulan Mei 2011, pemerintah Iran mengumumkan terjadinya serangan di fasilitas nuklir Bushehr yang masih dalam tahap pembangunan. Akibat dari serangan tersebut, pemerintah Iran tidak dapat mengaktifkan fasilitas Bushehr karena dapat mengakibatkan listrik di negara tersebut mati. Untuk menghadapinya, pemerintah Iran mengajak para hacker untuk membantu mereka dalam peperangan online ini.

Pada umumnya virus komputer memalsukan sertifikat keamanan software untuk membobol suatu sistem, tetapi Stuxnet justru menggunakan sertifikat keamanan asli. Sertifikat keamanan ini dicuri dari salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, yaitu Realtek. Setelah berhasil membobol suatu sistem, Stuxnet tidak langsung aktif bekerja. Virus komputer ini telah diprogram untuk menyerang target yang spesifik, sehingga Stuxnet hanya akan aktif ketika target tersebut muncul. Stuxnet juga mengeksploitasi setiap kelengahan keamanan sistem yang disebut sebagai Zero Days.

Siapa dalang di balik Stuxnet? Siapa yang menciptakannya? Sayangnya, asal-usul Stuxnet belum dapat diketahui pasti. Semua informasi yang beredar hanya berupa rumor dan asumsi, tanpa ada bukti yang nyata. Namun, sebenarnya yang harus diwaspadai oleh masyarakat dan pemerintah adalah kenyataan bahwa virus komputer yang satu ini telah beredar bebas, dapat di-download dan dimodifikasi, serta digunakan oleh siapapun. Peperangan melalui kode dan virus komputer pun dimulai.


sumber >> www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar