Kamis, 16 Juni 2011

Cray XK6 gabungkan Nvidia dengan AMD untuk super computer






++ menghasilkan kekuatan kalkulasi 35 petaflops ++

Cray adalah produsen super computer, mempertahankan sistem Linux dan memonopoli pembuatan computer super cepat saat ini.
Computer super cepat Cray XK6 baru saja diumumkan, mengabungkan kekuatan kalkulasi dari GPU Nvidia dan procesor AMD. Apa hebatnya computer Cray XK6, yang baru ternyata 5x lebih cepat dari produk sebelumnya. Dan setara kekuatan super computer buatan China Tianhe 1A dengan Intel dan Nvidia.

Cray XK6 mengandalkan procesor 16 core 32nm Interlagos disetiap mesin. Cray XK6 mengunakan 4 AMD Opteron 6200s dengan 4 GPU Nvidia X2090 coprocesor, ditambah dengan sebuah card Tesla M2090. Total untuk computer tersebut memiliki kekuatan 2620 Gigaflops. Bila digabung menjadi 24 buah Cray XK6 dalam satu kabinet computer akan menghasilkan 80 teraflops. Berapa total computer dan rack computer yang dapat disatukan. Bila dipasang sampai 300 kabinet akan menghasilkan 35 petaflops.

Kencang, kemampuan computer dapat menghitung 16 quadrillion matematika setiap detiknya. Tetapi untuk menyalakan semua computer, dibutuhkan 15 megawatts. Bila ingin bermain game Crysis dengan resolusi 2560x1600, mungkin setting game dapat dibuat maksimum. Tetapi anda akan dimarahi oleh seluruh tetangga. Karena listrik satu kelurahan rumah akan mati untuk power computer anda saja....

sumber www.obengware.com

terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar