Rabu, 15 Januari 2014

Review BlackBerry Q5 di tabloid poelsa


Sudah awam jika vendor pembuat smartphone lebih sering mengeluarkan produk flagshipnya terlebih dahulu untuk mencuri sebanyak-banyaknya perhatian pasar dan kemudian merilis produk yang lebih ekonomis untuk merangkul segmen menegah dan bawah.

Langkah tersebut pula yang dilakukan BlackBerry. Setelah sebelumnya menghadirkan desain favorit ber-keyboard full QWERTY lewat Q10, kini menyusul Q5 yang hampir memangkas setengah harga dari Q10.






Desain
Dimensi: 120 x 66 x 10.8 mm, 120gram; touchscreen & QWERTY keyboard; material plastik; port audio 3.5mm, tombol power/lock; pengatur volume suara, tombol pause; lubang mic; slot kartu microSIM dan microSD, port microUSB (sekeliling ponsel dari sisi atas).
Jika melihat dari garis keturunannya, sepertinya Q10 merupakan penerus trah Bold Series sementara Q5 ini merupakan penerima tongkat estafet seri Curve yang lebih ekonomis.
Dimensi: 120 x 66 x 10.8 mm, 120gram; touchscreen & QWERTY keyboard; material plastik; port audio 3.5mm, tombol power/lock; pengatur volume suara, tombol pause; lubang mic; slot kartu microSIM dan microSD, port microUSB (sekeliling ponsel dari sisi atas).
Jika melihat dari garis keturunannya, sepertinya Q10 merupakan penerus trah Bold Series sementara Q5 ini merupakan penerima tongkat estafet seri Curve yang lebih ekonomis.
Body Q5 1
Body Q5 7
Hal itu bisa terlihat dari desain papan ketik QWERTY yang memiliki jarak antar tombolnya persis seperti tipe-tipe seri Curve terdahulu, tidak seperti milik Q10 yang tombol-tombolnya tersusun rapat.
Body Q5 2
Body Q5 3
Body Q5 4
Body Q5 5
Tak perlu membandingkan bahan plastik pada backcover Q5 dengan Q10 karena kualitas keduanya jelas berbeda. Bahkan menurut kami, bahan backcover pada ponsel ini tidak mencerminkan sebuah ponsel dengan banderol hampir mencapai angka 4 juta rupiah.

Tidak seperti produk smartphone lain dari BlackBerry, baterai Q5 tertanam di dalam bodi tanpa akses bagi pengguna untuk melepasnya sendiri. Untuk itu slot kartu SIM dan memori bisa terlihat dari luar hanya dengan membuka penutupnya di sisi kanan ponsel.


Display

Layar sentuh IPS LCD kapasitif, 16 juta warna, 720 x 720 pixels, 3.1 inches (~328 ppi pixel density), multi touch
BlackBerry membekali Q5 dengan layar dengan ukuran dan resolusi yang sama seperti Q10, membuatnya memiliki tingkat kerapatan piksel yang lebih tinggi dari milik Samsung Galaxy S III (306 ppi) dan hampir sama dengan retina display milik iPhone 5 (326 ppi).

BB Q5 Display 1
BB Q5 Display 2
BB Q5 Display 3
BB Q5 Display 4
Hal tersebut membuat layar Q5 tampak menampilkan grafis yang tajam dan nyaman untuk membaca teks yang ditampilkan meski berukuran kecil.

Jika sebelumnya Q10 menggunakan panel AMOLED, BlackBerry memilih menggunakan panel yang berbeda pada Q5. Panel IPS milik Q5 tampak memiliki kontras yang inferior dibanding pada Q10, sedang kualitas produksi warnanya tetap baik dan viewing angle yang juga baik.

Sistem Operasi dan UI

BlackBerry 10 OS
Seperti Q10, tampilan sistem operasi BlackBerry 10 pada Q5 jelas mengalami sedikit penyesuaian jika dibandingkan ketika muncul pertama kali pada Z10 karena perbedaan aspek ratio layar, 16:9 pada Z10 dan 1:1 pada Q5.

Pada menu utama misalnya, Z10 menampilkan susunan aplikasi dalam format grid (petak) 4x4 sedang Q5 menyajikanya dalam susunan 4x3. Diluar itu semuanya sama.

BB Q5 OS
Satu hal kecil yang cukup mempengaruhi pengalaman penggunaan, dimana margin area bawah layar Q5 lebih lebar dibanding Q10.

Hal ini memberi pengguna ruang lebih nyaman mengingat area tersebut adalah titik awal letak jari ketika pengguna me-minimize aplikasi berjalan.

BB Q5 Interface 1
BB Q5 Interface 2
BB Q5 Interface 3
Kebanyakan kontrol sistem sudah bisa dilakukan melalui layar sentuh sehingga beberapa tombol utama seperti menu, back, call dan end yang selalu ada pada BlackBerry generasi sebelumnya kini dihilangkan (demikian pula pada Q10).


Fitur Khusus

BBM 10, BlackBerry Hub, Story Maker
Menggunakan Q5 pengguna tentu juga bisa menikmati aplikasi andalan BlackBerry, BBM, dengan versi terkini. Di versi 10 ini, BlackBerry menambahkan fitur BBM Video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video chatting melalui BBM.
Tak cuma itu, BBM Video juga memungkinkan bagi kedua pengguna untuk berbagi layar yang sama. Sehingga komunikasi yang melibatkan konten yang tersimpan pada ponsel bisa dilakukan lebih nyaman.

BB Q5 Fitur Khusus 1
BB Q5 Fitur Khusus 3
BB Q5 Fitur Khusus 4
BB Q5 Fitur Khusus 2
Ada pula BlackBerry Hub yang merupakan sebuah fitur yang menyajikan setiap komunikasi yang dilakukan pengguna mulai dari email, BBM, SMS, akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, serta panggilan telepon.

Hardware

Dual-core 1.2 GHz Krait, Qualcomm Snapdragon chipset, Adreno 225 GPU, RAM: 2GB, Internal Storage: 8GB, external: up to 32GB , baterai Li-Ion 2180 mAh
BlackBerry menurunkan clockspeed sebesar 20% pada Q5 dari sebelumnya 1.5GHz pada Q10. Dengan spesifikasi ini, Q5 mampu memberi kinerja yang memuaskan bagi penggunanya untuk penggunaan harian.
BB Q5 Hardware 1
BB Q5 Hardware 2
BB Q5 Hardware 3
Yang juga menarik dari BlackBerry 10 adalah ketiadaan pembatasan jumlah memori untuk menginstal aplikasi. Artinya pengguna bisa tetap menginstal aplikasi selama masih tersedia ruang di memori penyimpanan.

BlackBerry tentu sudah merancang BlackBerry OS agar mampu mengoptimalkan kinerja perangkat keras Q5 sehingga performanya tetap memuaskan.


Konektifitas dan Browser

Quadband GSM(850/900/1800/1900); HSDPA 850/900/1900/2100; GPRS, EDGE, HSDPA; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot,  Bluetooth v4.0 with A2DP, LE, NFC, microUSB v2.0 (MHL )
Meski termasuk smartphone kelas menegah, namun Q5 dibekali pilihan konektifitas yang terbilang lengkap yang biasanya ditemukan pada ponsel kelas hi-end.

BB Q5 Koneksi 1
BB Q5 Koneksi 2
Termasuk diantaranya pilihan NFC yang memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima data hanya dengan menempelkan Q5 dengan perangkat lain yang juga mendukung NFC.

Browser Q5 dibekali fitur yang terbilang lengkap seperti dukungan terhadap konten flash, multi tab browsing, desktop mode, private browsing.
BB Q5 Browser 1
BB Q5 Browser 2
BB Q5 Browser 3
Dan salah satu yang menarik adalah mode reader yang akan merubah tampilan halaman situs sehingga meninggalkan hanya konten yang penting saja seperti gambar dan teks, sehingga lebih nyaman bagi pengguna.


Kamera

5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, image stabilization; Perekam video 1080p@30fps, video stabilization; Kamera sekunder : 2MP, 720p
Q5 merupakan satu-satunya dari BlackBerry generasi terbaru yang dibekali kamera 5MP. Seperti Z10 dan Q10, kamera Q5 memiliki 3 mode utama, yaitu kamera foto, perekam video, dan timeshift.

Ketika diaktifkan, time shift akan membuat kamera menangkap beberapa momen saat shutter ditekan sehingga pengguna bisa mendapatkan momen terbaik.

Mode ini paling tepat digunakan saat memotret objek bergerak atau sekelompok orang yang terkadang menjadi tidak sempurna karena salah satu anggotanya berkedip atau membuat mimik yang tidak diinginkan, karena pengguna juga bisa memilih momen terbaik dari masing-masing wajah yang terdeteksi oleh kamera Q5.

Hasil Kamera

BB Q5 Outdoor
BB Q5 Indoor


Kelebihan
• Harga paling terjangkau diantara generasi terbaru
• BlackBerry OS 10
• BBM 10 dan BlackBerry Hub
• Full Qwerty keyboard

Kekurangan
• Rasio layar terasa aneh untuk menonton video
• Bahan plastik terkesan murahan

Kesimpulan
Dibanderol nyaris setengah harga dari Q10, namun pengguna tetap bisa merasakan sensasi sistem operasi teranyar BlackBerry lengkap dengan papan ketik QWERTY yang ikonik melalui Q5. Meski begitu tentunya ada penyesuaian yang dilakukan BlackBerry pada Q5 yang membuatnya tidak sebaik Q10. Seperti misalnya desain yang jelas terlihat lebih murah, layar yang menggunakan panel berbeda (sebenarnya tidak banyak mempengaruhi kualitas), dan penurunan kecepatan prosesor (namun tetap memberikan performa yang relatif baik).















rangga bahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar