Senin, 24 Desember 2012

Sedikit Cerita tentang teknologi SMS

Dari www.obengon.com


Matti Makkonen ,seorang insinyur, membuat penemuan SMS di tahun 1984. Tetapi  idenya tersebut baru dipatenkan tahun 2008. Dia mendapatkan penghargaan dari Majalah Economist untuk inovasi SMS. Ada yang menarik tentang teknologi SMS, handset apa yang pertama kali mengunakan SMS.

Nokia adalah pembuat handset pertama yang bisa mengirim SMS.



Pengiriman SMS di Inggris hanya bisa  sampai bila mengirim di provider yang sama. Aturan tersebut kemudian berakhir  sehingga semua operator dapat menerima dan mengirim SMS, bahkan berbeda negara.

SMS hanyalah pengiriman pesan dalam bentuk text saja. SMS memiliki keunggulan yang unik, ketika hanset mati tentu tidak menerima SMS. Setelah diaktifkan pesan akan sampai ke pemilik ponsel. Kecanggihan SMS adalah dapat tetap diterima walau ponsel sudah diluar jangkauan.

Disain pengiriman SMS dibuat terbatas sampai 160 karakter, tujuannya untuk menghemat bandwidth. Ada 20 karakter yang dipakai untuk internal untuk teknologi SMS dari ponsel biasa.

SMS menjadi populer dikalangan anak muda karena lebih hemat dibanding menelpon langsung. Pesan lebih cepat sampai dibanding menelpon. SMS awalnya dirancang untuk jaringan GSM, sekarang bisa digunakan oleh semua ponsel dan jaringan berbeda.

Kenyataan sekarang. Pesan SMS tidak terbatas untuk ponsel, tetapi banyak teknologi baru untuk mengirim dan menerima SMS yang memanfaatkan jaringan internet.










rangga bahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar