Rabu, 28 September 2011

Menyelamatkan LCD monitor anda ketika ia rusak



 ##  Sebelum dibuang ke tempat sampah, ada baiknya memeriksa kerusakan  ##

Monitor LCD memiliki umur lebih panjang dari monitor tabung. Monitor tabung akan semakin redup dan tidak enak dilihat setelah melewati umur 3 tahun. Tetapi monitor LCD akan tetap baik kondisinya walau digunakan setelah 6 tahun.
Sayangnya tidak semua komponen LCD monitor bisa bertahan. Walau lampu backlight dan layar LCD bertahan lebih dari 3 tahun. Ada saja komponen yang rusak sejalan pemakaian. Satu komponen paling sering rusak adalah capasitor. Seperti motherboard computer, capasitor pada monitor LCD biasanya rusak dengan tanda kebocoran atau membengkak (capasitor bunting) membuat komponen ini tidak mampu menyimpan muatan listrik. Bila kerusakaan terjadi pada bagian capasitor, sangat mudah di perbaiki. Bagian tersebut terletak pada komponen adaptor ynag merubah arus AC ke DC
Satu komponen tersebut rusak dapat membuat monitor tidak hidup. Dari GeekDad memperlihatkan komponen yang rusak dan bisa diganti oleh pemiliknya sendiri. Dan monitor LCD akan kembali normal.





Bila layanan purna jual tidak mau memperbaikinya, anda bisa mencoba membuka LCD monitor lama anda yang rusak. Siapa tahu hanya komponen tersebut terjadi kerusakan dan menganti dengan kapasitor baru.


sumber www.obengware.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar