Rabu, 29 Juni 2011

Western Digital Green 3 TB SATA III: Kapasitas Besar, Interface Kencang



Beberapa saat yang lalu, jagatreview telah menyajikan review Western Digital Caviar Green 3 TB. Kali ini, lagi-lagi jagatreview kedatangan Western Digital Caviar Green yang memiliki kapasitas sama. Perbedaannya,Western Digital Caviar Green 3 TB yang baru datang ini memakai interface SATA III atau SATA 6 Gbps.


Memang, untuk sebuah hard disk, pemakaian SATA II maupun SATA III tidak akan memberikan dampak langsung atas kinerja yang diberikan. Akan tetapi, SATA III masih memiliki fasilitas lain yang tidak ada di SATA II seperti fungsionalitas NCQ yang kembali diperbaiki. Sayangnya, kinerja hard disk saat ini belum dapat menyentuh batas atas dari SATA generasi pertama.

Hard disk yang datang ke meja pengujian Jagat Review ini merupakan hard disk dengan empat platter yang memiliki kapasitas 750 GB per platter. Cache yang dimiliki hard disk ini sebesar 64 MB. Sebelum memakai hard disk ini, ada baiknya Anda membaca artikel yang satu ini. Hard disk ini membutuhkan sistem operasi 64-bit, BIOS yang mendukung EFI, serta GPT untuk tabel partisinya supaya kapasitas tidak terpotong di 2,2 GB.



Hasil Pengujian

Hard disk Western Digital yang satu ini tidak hanya memiliki kapasitas yang sangat besar, tetapi juga memiliki kinerja yang tidak kalah dengan para pendahulunya. Selain itu, hard disk ini juga sudah memakai interface SATA III yang baru. Hal ini membuatnya cocok dipakai untuk hard disk sistem (hard disk yang dipasangkan sistem operasi) maupun sebagai hard disk data. Sayang memang, Anda harus menggunakan sistem operasi 64-bit untuk menggunakan kapasitasnya secara keseluruhan.

Hard disk ini dasarnya cocok untuk semua orang. Walaupun begitu, harganya memang masih mahal, di atas 2 juta rupiah. Akan tetapi, seiring dengan waktu, harga tersebut pasti akan turun ke level yang “lebih terjangkau”. Di versi SATA III ini, Western Digital tidak menyertakan sebuah card tambahan. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus memasang di GPT atau membeli sebuah sistem baru agar seluruh kapasitasnya dapat dibaca dengan baik.

Dalam setiap pengujian yang dilakukan tim jagatreview menunjukkan bahwa WD Caviar Green SATA II memiliki kinerja yang lebih baik. Jika kami reka tanpa memperhitungkan perbedaan platform, sepertinya WD Green 3 TB terdahulu menjadi sebuah alternatif yang lebih baik. Hal ini juga karena di paket penjualan terdahulu terdapat sebuah card. Akan tetapi, jika dilihat dari kekuatan proses sistem, seharusnya kinerja keduanya tidak jauh berbeda.


Kelebihan

+ Kapasitas besar.
+ Kinerja baik.
+ SATA III

Kekurangan

- GPT untuk kapasitas penuh.
- Tidak cocok untuk Windows XP.
- Tanpa card tambahan.



sumber >> www.jagatreview.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar