Selasa, 02 Agustus 2011

Legenda Atlit Renang Australia Jual Medali Olimpiade





MELBOURNE, Kompas.com — Salah satu perenang legendaris Australia, John Konrads, berencana melelang medali-medali penghargaannya bulan ini.


"Ini harus saya lakukan sebagai bagian penutupan satu babak dalam hidup saya.

Konrads, sekarang berusia 69 tahun, merupakan perenang andalan Australia dekade 1950-1960-an. Ia meraih medali emas nomor 1.500 meter gaya bebas di Olimpiade Roma 1960. Pada masa jayanya, Konrads juga mengukir rekor dunia untuk nomor 200 meter, 400 meter, 800 meter, dan 1.500 meter.

Selain medali-medali miliknya, Konrads juga memiliki memorabilia berkaitan dengan olimpiade, seperti dari Olimpiade Paris 1900. Lelang akan berlangsung pada 18 Agustus mendatang di Melbourne.

"Ini merupakan keputusan yang sulit," kata Konrads. "Ini harus saya lakukan sebagai bagian penutupan satu babak dalam hidup saya. Saya hanya berharap semua dapat disaksikan oleh publik," kata Konrads lagi.

Pada masa jayanya, Konrads merupakan atlet idola rakyat Australia. Berasal dari keluarga imigran asal Latvia yang lari ke Australia setelah negaranya lenyap. Bersama adiknya, Ilsa, ia dikenal sebagai "anak-anak keluarga Konrads" yang dipuja semua orang di Australia.

John Konrads mulai muncul sebagai perenang nasional Australia pada usia 14 tahun di Olimpiade Melbourne 1956 dan tetap bertahan  hingga dekade 1960-an. Setelah pensiun, John Konrads menjalani hidup kalangan atas sebagai pelatih renang kaum jetset Eropa. Ia juga menjadi model perusahaan kosmetik L’Oreal.

Namun, belakangan kehidupan John Konrads dirudung kesulitan akibat depresi dan alkohol..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar